Cari Referensi? Ini Dia Jenis Motor yang Umum Dikendarai

Ketika motor tidak hanya sebagai sarana transportasi, melainkan kecintaan pada dunia otomatif, maka saat memilih mana yang dijadikan tunggangan semakin membingungkan. Lebih-lebih, kalau ada referensi dari luar negeri dan terkendala bujet. Nah, untuk memudahkan dalam menentukan pembelian, yuk simak jenis-jenis si roda dua di Indonesia.

Tipe Motor Sport

            Motor sport atau biasa disebut sportbikes ini awalnya digunakan untuk kepentingan olahraga. Namun, karena melihat banyaknya potensi peminat, teknologi pun disesuaikan agar bisa dikendarai di jalanan juga.

Sportbikes memiliki karakteristik tempat duduk tinggi, stang lebih pendek, dan ciri khas pijakan kaki. Untuk kubikasi mesin sih beragam. Namun, umumnya berada di dikasarn 150cc. selain itu, rentang RPM-nya tinggi, nih. Jadi, kalau berkendara terasa terbang saking cepatnya.

Sementara dari segi bodi, menggunakan material yang ringan sekaligus kuat seperti alumunium dan carbon fiber. Bagi yang baru pertama kali mengendarai motor jenis ini mungkin sedikit kagok dan butuh penyesuaian.

Rekomendasi motor jenis ini sih pabrikan Jepang yaitu Suzuki GSX 150. Tampilannya dapat banget, lho.

Tipe Motor Touring

            Tipe motor satu ini tidak kalah peminatnya. Pasti sering ditemui di jalanan. Untuk karakteristiknya sendiri, paling menonjol di bagian stang yang tinggi dan agak ke belakang. Pijakan kaki pun agak ke depan, sehingga menciptakan posisi berkendara yang rileks.

Ada pula cover depan yang berfungsi untuk memecah angin. Desainnya pun ergonomi, sangat menunjang kebutuhan pengendara yang menempuh perjalanan jauh.

Nah, lantaran lazim digunakan untuk perjalanan jauh, fiturnya pun disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Sebut saja Honda Gold Wing yang dilengkapi dengan radio satelit, GPS, sampai Apple CarPlay. Selain itu, ruang kargo berkapasitas luas sebagai penyimpan akomodasi.

Kalau kurang sreg sama motor jenis ini, ada kolaborasi antara sport dan touring, nih. Soal bodi mengadopsi motor touring, tapi performa mesin jauh lebih gahar. Tinggal sesuaikan kebutuhan, ya. Jangan sampai salah beli.

Tipe Motor Bebek

            Motor satu ini tergolong dalam motor kecil. Rangkanya dibangun dari sebuah pipa berukuran besar. Sementara posisi tangka bahan bakar serta penahan percikan air di bagian kaki mengadopsi mulik skutik.

Sementara itu, yang membedakan adalah posisi mesin serta transmisi yang digerakkan menggunakan rantai. Untuk kubikasi mesin, biasanya berada di kisaran 50cc-125cc. Namun, keluaran-keluaran terbaru sudah banyak berkapasitas mesin 150cc seperti Suzuki Satria F150.

Ada juga nih motor kolaborasi antara bebek dan touring bernama ayago. Rekomendasinya adalah Satria FU 2018.

Nah, di poin ini rekomendasinya pabrikan Suzuki, ya. Kalau mau kredit motor Suzuki, ada situs bernama Moladin nih yang bisa diandalkan. DP-nya juga tidak memberatkan, lho. Yuk, buruan ceki-ceki.

Tipe Motor Skuter Matic

Berdasarkan data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), skuter matic adalah motor terlaris di pasaran sampai tahun 2018. Kendaraan roda dua yang memiliki lantai di pijakan kaki ini, prototype pertamanya berbentuk Otoped, lho.

Skuter matic memiliki karakteristik mesin di bagian belakang, samping, atau depan roda belakang. Ukuran roda pun lebih kecil dari motor bebek. Sementara pelopor pertama motor jenis ini adalah Vespa PK125 yang diproduksi tahun 1984 di Italia. Kalau sekarang sih lebih dikenal dengan nama Corsa.

Nah, itu dia jenis-jenis motor yang umum di Indonesia. Sudah menentukan pilihan? Di kelas sport ada Suzuki GSX 150. Sementara tipe motor bebek, rekomendasinya Satria FU 2018 dan Satria F150. Kalau mau kredit motor Suzuki, cus deh meluncur ke situs Moladin.

 

 

 

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *