Ladies, Ini Nih 4 Perawatan Motor Dasar agar Kendaraanmu Awet

Hai ladies, kalau disuruh memilih berlama-lama di salon atau bengkel, pilih mana? Meski ada yang pilih bengkel, karena suka otomotif, tapi pasti banyak yang berpihak pada salon. Bukan masalah. Namun, motor sebagai moda transportasi penting sehari-hari, perlu diperhatikan juga seperti rambut dan kuku, nih. Tidak ribet, kok. Setidaknya, empat komponen ini perlu mendapatkan perawatan rutin agar kendaraan awet.

Oli Motor

            Seperti darah, oli motor merupakan cairan yang sangat penting untuk kelangsungan hidup motor. Bukan hanya berfungsi sebagai pelumas, melainkan mengurangi gesekan antar komponen dalam mesin. Selain itu, bersifat mendinginkan, meredam getaran serta suara bising, anti karat, dan mengendalikan kotoran yang dihasilkan mesin.

Idealnya, mengganti oli motor cukup sebulan sekali. Kalau sampai telat, performa mesin akan sangat berpengaruh, sehingga mengurangi kenyamanan berkendara. Luangkan waktu akhir pekan, ya. Kalau ingin tahu bengkel mana yang buka, ceki-ceki di aplikasi Moladin.

Cakram Motor

            Bagaimana jadinya kalau cakram motor tidak berfungsi dengan baik? Bahaya banget yang jelas, bakal rentan mengalami kecelakaan, karena tidak bisa mengatur laju kendaraan. Oleh karena itu, harus lebih perhatian nih ke komponen vital ini.

Tidak ada patokan jelas sih kapan cakram motor perlu diganti. Namun, harus memperhatikan beberapa hal untuk mengetahui kelayakannya. Pertama, saat berkendara dan melakukan pengereman, coba dengarkan apakah berbunyi seperti benda yang saling bergesekan. Kemudian, ketika ditarik terasa lebih dalam dan kampas terlihat tipis, maka segera ganti komponen ini.

Waduh, butuh biaya, nih. Kira-kira berapa, ya? Tenang, ceki-ceki aplikasi Moladin lagi untuk tahu harganya. Informasi ada di menu sparepart, ya.

Rantai Motor

            Dari semua komponen, rantai motor yang paling sering luput, nih. Soalnya, letaknya memang cukup tersembunyi. Tahu-tahu, kendaraan tidak bisa berjalan gitu.

Bahaya lagi kalau motor dipacu dalam kecepatan tinggi, lalu rantai putus atau lepas dari poros. Bisa-bisa berhenti mendadak dan terpelanting jauh. Ih, ngeri, kan? Mending keluar uang untuk komponen ini deh daripada berobat. Asli.

Untuk menghindari hal tersebut, sekalian deh minta pengecekan apakah perlu mendapat perbaikan atau pergantian saat mengganti oli motor. Biar hemat gitu. Tidak lama juga kok prosesnya.

Karburator Motor

            Pernah mengalami motor mogok saat hujan? Penyebabnya sih kalau busi baik-baik saja, berarti karburator kotor. Kalau kotor, fungsinya sebagai penyalur bahan bakar dan sirkulasi angin akan terhambat. Makanya, harus rutin cek kebersihan, nih.

Nah, itu tadi empat komponen motor yang harus diperhatikan lebih agar motor awet. Mempercantik diri di salon boleh-boleh saja ya ladies. Namun, kalau menjadi mandiri, kenapa tidak? Rawat motor dan hindari hal-hal tidak menyenangkan di jalan.

 

 

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *