Cara Mencuci Motor Matic yang Salah Namun Sering Kali Dilakukan

Motor matic memang menjadi idola bagi masyarakat saat ini, apalagi untuk mereka yang memang memiliki mobilitas cukup tinggi, maka motor matic bisa jadi pilihan terbaik untuk ditunggangi karena memang pengoperasiannya terbilang begitu mudah. Bahkan sekarang produk motor yang satu ini juga sudah banyak ragam desainnya, tak hanya yang kecil ramping, melainkan juga ada yang ditawarkan dalam bentuk lebih gahar atau tambun, sehingga cocok dipakai oleh kaum adam. Masalah perawatannya sendiri memang sedikit lebih rewel dibandingkan dengan motor-motor biasa. Bahkan untuk membersihkan atau mencucinya sendiri, cara mencuci motor matic ini tidak boleh sembarangan.

Tampilan kendaraan kesayangan Anda sangat bergantung bagaimana perawatannya, salah satu langkah perawatan paling mudah, namun harus rutin dilakukan adalah dengan mencucinya. Paling tidak bisa membersihkan kotoran yang menempel pada body kendaraan tersebut. Meskipun terbilang hal yang sangat mudah. Namun pada kenyataannya ada banyak orang yang menerapkan cara mencuci motor matic yang salah, sehingga hasilnya kurang optimal, berikut ini beberapa kesalahan dalam mencuci motor matic yang harus dihindari, yaitu:

  1. Menggunakan detergen atau sabun colek, memang bisa saja bahan sabun cuci secara ini membersihkan kotoran yang menempel pada body kendaraan, namun sering kali ketika sudah kering maka akan meninggalkan flek putih yang sulit untuk dihilangkan, karena memang tidak dikhususkan untuk kendaraan, jadi pastikan hanya memakai shampo motor saja.
  2. Menggunakan air selang atau semprotan yang tekanannya tinggi, meskipun dengan air bertekanan tinggi yang di semprotkan tersebut nantinya akan membuat bagian-bagian terpencil dari motor bersih, namun hal ini kerap kali menganggu komponen-komponen kelistrikan, seperti lampu utama yang jadi berembun dan juga beberapa bagian lampu yang nantinya akan sulit menyala.
  3. Memakai satu spons untuk mencuci seluruh bagian motor, hal ini juga sering kali dilakukan karena tidak ada spons yang lainnya, pada dasarnya tidak boleh menggosok setiap body dengan memakai spons yang sama, karena setelah dipakai menggosok bagian roda terkadang spons tersebut penuh dengan kotoran yang tentunya akan mengotori bagian kepada atau body motor yang sebenarnya tidak kotor. Sering kali juga beberapa bagian kaca baret karena spons yang dipakai menampung debu atau batu-batu tajam kecil.
  4. Memoles bagian dek atau kaki motor matic dengan menggunakan wax atau silicon, meskipun efektif untuk membuat tampilannya mengkilap seperti baru, namun hal ini sebenarnya hanya akan membuat kaki pengendara nantinya tidak bisa menapak secara sempurna karena bagian dek yang berubah menjadi licin.

Hindari beberapa hal di atas dan terapkan cara mencuci motor matic yang benar, sehingga hasilnya tak hanya bersih sempurna saja, melainkan juga tidak merusak komponen lainnya.

 

Tags:,

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *