Cara Merawat Motor Matic Agar Tetap Prima untuk Mudik

Tidak dapat dipungkiri jika kemunculan jenis motor matic memang membawa banyak perubahan, salah satunya menggeser posisi motor bebek yang berada pada puncak kejayaan. Masyarakat sendiri menganggap jika matic lebih praktis digunakan, apalagi dalam kondisi perjalanan jauh dan macet parah. Karena berbeda dengan motor bebek tentu saja cara merawat motor matic juga berbeda. Hal itulah yang harus Anda perhatikan supaya tidak mengalami kesalahan sehingga berimbas pada kondisi motor yang mudah bermasalah. Terlebih lagi motor akan digunakan dalam perjalanan jauh seperti mudik lebaran.

Bukan hanya karena akan digunakan mudik saat hari raya saja motor matic Anda dilakukan pengecekan dan perawatan. Untuk menjaga akselerasi dan kondisi tetap pria dalam keseharian Anda juga perlu untuk melakukan perawatan secara berkala. Nah, bagi Anda yang mempunyai motor jenis matic bisa lakukan perawatan dengan cara berikut ini:

  • Oli.

Bagian yang paling penting dalam setiap kendaraan, apalagi dalam motor matic terdapat dua jenis oli yang perlu diperhatikan. Untuk oli mesin sendiri sebagai pendukung performa tetap maksimal, sehingga disarankan setiap 1000 km perjalanan dilakukan penggantian.

  • Perhatikan kecepatan.

Karena dinilai praktis saat digunakan, tetapi sebagai pengguna kendaraan sering sekali mengalami hal yang dilupakan. Kecepatan berkendara yang diganti secara tiba-tiba, misalnya dari yang laju kencang langsung rendah yang dapat merusak sparepart.

  • Panaskan mesin.

Dipakai atau tidak digunakan, cara merawat motor matic paling sederhana adalah dengan tetap memanasi mesin setiap hari. Tidak perlu lama-lama, cukup 5 sampai dengan 10 menit saja.

  • Aki dan busi.

Selanjutnya pada bagian aki dan busi yang juga perlu diperhatikan, apalagi matic sangat rentan sekali mengalami masalah aki.

Nah, itulah beberapa hal yang cukup penting sekali diperhatikan dalam perawatan motor-motor matic yang saat ini menjadi pilihan banyak orang. Cara diatas cukup sederhana, jika membutuhkan penggantian sparepart ataupun oli bisa juga beli secara langsung. Apalagi saat ini sudah ada Moladin yang menawarkan banyak sekali komponen yang dibutuhkan dalam perawatan kendaraan. Nah, semoga sedikit tips cara merawat motor matic diatas bisa memberikan manfaat bagi Anda.

 

 

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *